Sabtu, 13 Juni 2015

5 Tahapan dalam Pembuatan Desain Website

Jasa Pembuatan Desain Website | Perlu Anda ketahui dengan seksama bahwa setiap membuat sebuah website ataupun ketika sedang mengerjakan proyek website, ada tahapan-tahapan yang harus diikuti dengan baik dan benar. Supaya hasil dari pembuatan website bisa memuaskan bagi klien yang memesan jasa desain web dan sesuai dengan yang diharapkan.

jasa pembuatan desain website


Berikut ini 5 tahapan dalam pembuatan desain website yang dapat Anda ikuti dan terapkan ketika sedang mendesain website atau proyek website yang sedang digarap:

#Tahapan 1: Perencanaan

Pada tahap ini ditetapkan ide dan tujuan dari pembuatan website berikut mengumpulkan konten web yang diperlukan untuk membangun sebuah website. Proses awal ini sangat penting untuk dibicarakan antara seorang desainer website dengan klien supaya terjadi kesepakatan pemikiran yang sama diantara keduanya sehingga tidak terjadi hambatan dalam mendesain website. Dan juga dibuat sketsa web terlebih dahulu untuk menentukan tampilan situs yang diinginkan.

#Tahapan 2: Perancangan

Pada tahap ini desain website akan dibentuk menjadi tampilan yang lebih terlihat. Sketsa yang telah dibuat dikembangkan menjadi wireframe sehingga layout website akan terlihat jelas penempatannya. Dan akan semakin nampak jelas dengan mengkonversi desain awal dengan desain grafis menggunakan software desain seperti photoshop, illustrator, fireworks atau corel draw. Dibuat elemen-elemen lainnya yang diperlukan untuk lebih memperlihatkan lagi tampilan awal dari desain website yang akan mulai dibangun.

#Tahapan 3: Pengembangan

Disinilah proses yang memakan banyak waktu dimana seorang desainer website benar-benar melakukan pekerjaannya dalam membangun sebuah situs yang selanjutnya akan dipublikasikan secara online. Pengembangan awal desain dengan menggunakan bahasa markup HTML dan penataan layout dengan CSS, supaya lebih atraktif digunakan pemrograman JavaScript sehingga tampilan website akan lebih menarik untuk dilihat.

Desain website yang dibuat masih statis, selanjutnya dikembangkan lagi ke tahap pemrograman yang berbasis server untuk menampilkan website yang lebih dinamis sehingga dapat diupdate setiap saat oleh pemilik website. Semua konten web yang telah didapat dari klien diunggah ke website yang siap publish.

#Tahapan 4: Pengujian

Tahap pengujian sangat diperlukan untuk setiap proyek website yang telah dibangun, Ini dipakai untuk mengetahui apakah masih terdapat kesalahan yang mungkin muncul atau bug. Jadi website yang akan diluncurkan nanti sudah dalam kondisi yang bagus dan tidak banyak kesalahan yang muncul pada website tersebut.

#Tahapan 5: Peluncuran & Perawatan

Setelah melewati keempat tahapan di atas, website yang sudah jadi dan lolos pengujian, siap untuk diluncurkan secara online. Pada tahap ini perlu adanya perawatan yang berkelanjutan, karena bukan tidak mungkin masih ada bug yang perlu diperbaiki ketika website telah online. Dan khususnya keamana web itu sendiri penting untuk diperhatikan supaya terhindar dari ancaman peretasan atau gangguan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar